Monday, November 10, 2008

3 Langkah Praktis Mewujudkan Ide Cemerlang Anda Menjadi Pundi-Pundi Uang

Ada tiga cara praktis yang bisa anda lakukan untuk membuat anda bertindak sigap.

1. Cukup pikirkan satu ide saja
Meski sekarang di kepala anda ada banyak ide bisnis internet yang luar biasa hebat, anda tetap harus pilih satu ide saja. Ya, pilih ide yang paling hebat! Mudah dilancarkan dan pasti menguntungkan.

Kunci kesuksesan adalah fokus. Nah, khawatirnya jika anda memilih banyak ide untuk dijalankan, anda tidak bisa fokus. Harus kita akui sebagai manusia kita pnya banyak keterbatasan. Kalau satu ide saja belum berhasil kita kawal sampai sukses, bagaimana bisa menjalankan banyak ide?

2. Jangan merasionalisasi ide anda
Salah satu cara gagal dalam berbisnis adalah dengan merasionalisasi ide. Misal, anda membuat ebook. Dan anda jual ebook tersebut seharga 50 ribu. Lalu anda bertanya pada diri sendiri, “bukankah ebook ini terlalu murah? Ah! ebook ini tidak layak kalau dijual 50 ribu. Mungkin walaupun diberikan gratis pun tidak ada yang mau. Mungkin lebih baik saya cari saja ide yang lain!”

Buang semua hal yang bisa mengancam kesuksesan ide anda. Meski itu datangnya dari diri anda sendiri. Pemikiran demikian ini biasanya perwujudan dari rasa malas yang berusaha mencegah anda untuk bekerja keras. Percayalah! Banyak godaan yang akan hadapi dalam berbisnis. Termasuk hambatan yang datang dari dalam diri sendiri. kita tidak boleh lemah. Jangan berpikir bahwa ide yang lain lebih baik dari yang anda pilih sekarang. Anda tidak akan pernah tahu seberapa hebat hasil yang akan anda peroleh, jika anda tidak mencobanya. Yang penting segera melangkah! Jangan terlalu banyak pertimbangan.

3. Jangan terlalu konsentrasi pada hal sepele
Marketing atau pemasaran memang menjadi ujung tombak keberhasilan sebuah produk. Apapun produk yang anda punya entah berupa jasa maupun barang, anda perlu strategi marketing jitu untuk membuat dagangan anda laris.
Tapi, sayangnya, umumnya para pemilik produk terlalu konsentrasi pada hal lain di luar masalah pemasaran ini. Contoh, terkadang kita bingung berhari-hari hanya untuk menentukan ”warna mana yang cocok untuk sampul ebook saya?” Bisa biru, coklat, hitam, putih… dll.

Terlalu lama berpikir untuk hal sepele bisa menjebak diri anda sendiri. Padahal untuk menyelesaikan masalah sampul, anda bisa mengambil keputusan cepat. Atau jika anda kebingungan, lebih baik minta pendapat teman atau saudara anda. Itu lebih bagus daripada anda sibuk mengurusi warna ebook. Ada hal lain yang lebih penting, misal urusan promosi dan iklan.

Nah, sekarang saya tunggu ide brilian anda. Sejauh mana anda bisa mewujudkan ide yang ada di benak anda sekarang? Kapan anda mau mengeksekusi ide itu? Kalau bisa sekarang kenapa menunggu besok? Saya percaya setiap pemikiran, ide, dan kreativitas pasti menyimpan potensi sukses yang luar biasa. Tinggal bagaimana kita mewujudkannya.

Jangan heran kalau Aqua dari Danone saja bisa sukses dan mendunia. Padahal ide dasarnya sederhana, cuma jualan air putih. Benar-benar simpel kan? Tapi kenapa produsen Aqua bisa kaya? Nah, sekarang kita buktikan saja kalau ide-ide yang kita punya juga bisa membuat kita sukses.

Jangan lupa untuk beri tahu saya kalau anda sudah sukses… OK?

0 comments: