Wednesday, November 19, 2008

Tutorial Affiliate Program

Bisnis ini pada dasarnya merupakan model/ type bisnis yang sangat lama atau telah usang, yakni membayar jasa seseorang hanya jika mereka berhasil menjual.
Affiliate marketing termasuk sebuah bisnis besar. Diperkirakan bisnis ini menghasilkan puluhan juta dollar setiap tahunnya. Dalam affiliate marketing, kita dibayar klo kita berhasil menjual produk/ jasa seorang merchant atau affiliate merchant.
Merchant atau affiliate merchant adalah orang atau perusahaan yang memiliki produk/ jasa yang mereka pasarkan melalui internet. Sementara orang-orang yang tidak memiliki produk/ jasa untuk dijual, bisa membantu affiliate merchant tersebut dalam menjualkan produk/ jasanya. Untuk setiap produk yang terjual mereka akan mendapatkan komisi.
Nah,.. orang-orang yang menghasilkan cara tersebut di atas disebut ‘affiliate marketer’ atau bisa disingkat affiliater. Ada jg yang bilang mereka adalah ‘associates’ atau “program partners’. Kalo kita mendaftarkan diri pada ‘affiliate program’ dlm hal ini milik affiliate merchant, artinya kita mendaftarkan diri menjadi salah satu anggota jajaran sales online mereka.
Kata lain lagi atow istilah2 dari affiliate program adalah ‘associates programs’, ‘bounty programs’, ‘refferer programs’, ‘partners program’ atau ‘revenue sharing programs’. Pada dasarnya sama saja, yaaa hanya beda kata2 nya sj.. hehe. Tapi kalau saya lebih suka menyebutnya ‘Affiliasi Program’ biar gak ribet ngucapinnya dan istilah ini menurut saya lebih dikenal dan digunakan secara umum dr para marketer.
Nach untuk bagaimana cara kerja program (Affiliate Marketing) ini, tunggu aja lanjutannya..!! lg cari bahan dulu., bagaimana cara merangkum kata-kata yang baik dan benar biar enak dibaca. oke..? hehe..

Tentunya sudah pada tahu khan yang dimaksud dengan Affiliate Marketing kemudian pastinya kita ingin tau jg bagaimana cara kerja bisnis ini di internet sehingga kita bisa menghasilkan keuntungan. Dalam bisnis online semua affiliate marketer melakukan penjualan melalui ‘link khusus’ atau dikenal dengan istilah ‘affiliate link’. Affiliate link ini diberikan oleh affiliate merchant (pemilik barang/ jasa)
Ambil contoh sebuah produk online yang akan dijual. Kemudian kita melihat situs tersebut menawarkan program affiliate. Setelah dipelajari ternyata mereka bersedia memberi kita komisi sebasar 30% untuk setiap penjualan yang kita hasilkan.

Lalu kemudian kita mendaftarkan diri pada affiliate program tersebut dengan mengisi Form yang disediakan. Biasanya merchant akan meminta kt untuk mengisi data seperti nama, alamat lengkap, nama penerima ‘Cek’ (untuk komisi), email, nomor telpon, dll. Kita jg akan diminta untuk membaca ‘affiliate agreement’.

Affiliate agreement adalah dokumen legal yang mengikat kita pada affiliate merchant (Ps :sebaiknya dibaca dan dipahami). Isinya biasa menyatakan kesepakatan syarat dan ketentuan yang ditentukan oleh affiliate merchant, seperti contoh tidak boleh mengirim email spam (dlm hal ini mengirim email tanpa diminta oleh pemilik email tersebut). Affiliate agreement ini penting karena jika kita melanggar syarat dan ketentuan yg telah diterangkan sblmnya, affiliate merchant bisa membatalkan pembayaran atau bahkan mengeluarkan kt dari program affiliate mereka.

Kemudian setelah kita menyetujui bersedia mematuhi peraturannya, affiliate merchant akan memberikan kita sebuah ‘link khusus’ atau di sebut juga dengan itilah ‘affiliate link’ untuk kita. Tugas kita selanjutnya adalah mempromosikan affiliate link tersebut. Kita ambil contoh meletakkan link tersebut di website/ blog kita atau bisa jg melalui ‘email signature’ . yaaa pastinya dengan harapan ada pengunjung website/ blog kita yang mengKLIK dan membeli produk/ jasa yang kita pasarkan.

Contoh perusahaan affiliate merchant : http://www.amazon.com, http://www.paydotcom.net, http://www.ziddu.com, http://www.ebay.com, dan masih banyak lagi.

Kesimpulan :

Jadi dalam hal ini kita sebagai affiliate marketer hanya menyiapkan link khusus di blog/website kt yang telah diberikan oleh affiliete merchant, dan apabila ada yang mengKLIK link tersebut lalu mereka membeli produk/ jasa yang ditawarkan, maka kt akan memperoleh komisi sebesar sesuai dengan kesepakatan yang kita setujui dari pihak affiliate merchant.

Sumber : Bisnis-online-internet

0 comments: